twitter
    berisi informasi dan artikel perpajakan Indonesia

Pengen punya penghasilan tambahan....???

Daftar GRATIS di link-link dibawah ini...
Kemudian klik iklan-iklannya.....














Pemerintah Targetkan Penerimaan Pajak Naik 24% di 2010

Gede Suardana - detikFinance

Nusa Dua - Pemerintah menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp 611,22 triliun di tahun 2010, naik 24% dari target di 2009 sebesar Rp 528 triliun. Pemerintah akan menggenjot wajib pajak individual.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dalam acara pertemuan institusi perpajakan Asia Pasifik ke 39 di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Senin (9/11/2009).

Menurutnya, salah satu cara yang akan dilakukan pemerintah untuk mencapai target tersebut adalah dengan menggenjot penerimaan wajib pajak individual. Pemerintah akan menggunakan berbagai acuan guna menentukan besaran wajib pajak individual.

"Kita akan menggunakan data-data wajib pajak. Perusahaan akan dilihat dari pemiliknya, apakah ia pengendali atau bukan. Kemudian kita juga melihat jajaran direksinya dalam sebuah perusahaan. Perusahaan besar biasanya, income jajaran direksinya besar. Kita akan menjaring informasi secara umum, seperti publikasi majalah. Apakah ia orang terkaya di RI, atau keluarga terkaya di RI. Nah dirjen pajak mempunyai kemampuan untuk mengakses informasi mengenai potensi pajak dari para wajib pajak kita," jelas Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, penerimaan wajib pajak individual di Indonesia masih tergolong di bawah rata-rata. Lain halnya dengan di negara-negara maju yang besarannya melebihi 50% dari total penerimaan pajak.

"Di Indonesia wajib pajak individual masih belum berkembang berkisar antara 40-60%. Ini yang akan jadi tantangan. Kalau di negara maju, presentase penerimaan wajib pajak individual dari pribadi yang kaya mencapai 80% dari penerimaan pajak," ujarnya.(dro/dnl)

www.detikfinance.com

0 comments:

Post a Comment